Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Debat Kedua Pilgub Jabar Justru Digelar di UI

taufiqurokhman.com (Bandung) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat kembali akan menggelar debat terbuka pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dalam pemilihan kepala daerah Jabar. Debat putaran kedua akan dilaksanakan pada 11 Mei 2018. “Debat kedua tanggal 11 Mei di UI (Universitas Indonesia) Depok, Jawa Barat,” ujar Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat ditemui di Mapolda Jabar, Bandung, Senin (26/03/2018).

Serupa debat kandidat pertama, Yayat menjelaskan, debat cagub-cawagub pun akan disiarkan langsung oleh stasiun televisi swasta. Dikonfirmasi terpisah, Komisioner KPU Bidang Sosialisasi dan Partisipasi Nina Yuningsih menjelaskan, tema yang diangkat pada debat kedua nanti menyangkut lingkungan hidup, sumber daya alam (SDA), energi dan pangan, pertanian, kelautan, kehutanan dan pertambangan. “Perumus materi pertanyaan debat masih berasal dari akademisi yang berasal dari perguruan tinggi di Jawa Barat,” jelasnya.

Mereka adalah Prof Ir Yazid Bindar, Prof Dr Erri N. Megantara, Prof Dr Ir Akhmad Fauzi, Prof Dr Ir Hadi Susilo Arifin, Prof Dr Ir Ganjar Kurnia dan Prof Ir Indratmo Soekarno. Sedangkan terkait format debat dan calon moderator, kata Nina, masih akan dibahas dan akan ditentukan dalam waktu dekat.

Sebelumnya, KPU telah menggelar debat perdana empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Senin (12/03/2018). Ketika itu KPU Jawa Barat mengangkat tema Politik, Hukum, Ekonomi serta Pemerintahan Daerah.

Tema besar terkait Politik, Ekonomi, Hukum dan Pemerintah Daerah diangkat dalam debat pertama mengingat topik itu merupakan salah satu tema sensitif yang juga diusung oleh semua pasangan calon dalam visi misi empat pasangan calon, yakni Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum, TB Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *