Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Danau Toba Diharapkan Mampu Jadi Motor Penggerak KSPN

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Berbagai program telah dipersiapkan pemerintah untuk mendukung percepatan 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) prioritas. Termasuk keseriusan dalam membentuk 10 Bali baru di Indonesia. Salah satu kawasan yang masuk 10 KSPN prioritas adalah Danau Toba. Danau seluas 1.130 kilometer persegi tersebut, diyakini mampu menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi dari sektor pariwisata.

Toba LakeMenteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mengatakan Danau Toba sebagai ikon pariwisata harus terus diperbaiki. Baik dari segi infrastruktur maupun akses menuju lokasi. “Kita ingin ke depan setiap kali kita bicara danau, bisa jadi centerpiece yang bisa menggerakkan perekonomian masyarakat. Dukungan infrastruktur itu jadi sangat penting,” ujar Menteri Bambang di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Menteri Bambang mengatakan pemerintah pusat dan daerah bersama masyarakat harus secara aktif bekerja sama memperbaiki segala faktor penghambat kemajuan pariwisata Danau Toba. Mengingat, Danau Toba telah masuk dalam salah satu fokus rencana kerja pemerintah (RKP) 2018. “RKP (Rencana Kerja Pemerintah) 2018 kita sudah fokuskan segala macam infrastruktur ke Danau Toba, bagaimana dapat mempercepat kesiapan danau tiba sebagai daerah kunjungan wisata,” ungkapnya.

Menteri Bambang berharap dengan semakin besar perhatian pemerintah terhadap kemajuan pariwisata Danau Toba, dapat mendorong peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitarnya. “Kita ingin keberadaan danau dapat mencukupi masyarakat sekitarnya baik sebagai pariwisata, perikanan dan peningkatan ekonomi lainnya,” pungkasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *