Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Daerah yang Belum Dapat Predikat Layak Anak, Diminta Berbenah

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) memberikan anugerah Kabupaten atau Kota Menuju Layak Anak (KLA) 2017 kepada 10 Gubernur serta 126 Bupati dan Walikota di Indonesia.

Selain itu, KemenPPPA meminta Kabupaten atau Kota yang belum mendapatkan penghargaan untuk segera berbenah. “Ini merupakan bentuk kepedulian dan apresiasi kami atas segala jerih payah para Bupati dan Walikota dan para penerima penghargaan lainnya dalam upaya memenuhi amanat konstitusi, yakni upaya pemenuhan hak anak,” jelas Menteri PPPA Yohana Yembise dalam keterangan persnya, Minggu (23//7/2017).

Para pemimpin dari 23 Provinsi dan 126 Kabupaten atau Kota ini dianggap telah mendukung pemenugan hak dan perlindungan anak. Penghargaan juga diberikan kepada kader yang berprestasi dalam menyuarakan hak anak. “Sejak pemerintah meratifikasi Konvensi Hak Anak melalui Keppres No. 36/1990, negara berkewajiban memenuhi semua hak anak, melindungi anak, dan menghargai pandangan anak sebagaimana tercantum dalam konvensi tersebut,” kata Yohana.

Kota Layak Anak dalamSelain penghargaan KLA, Yohana juga memberikan penghargaan kepada Kabupaten atau Kota yang mampu mencapai hal lain seputar anak. Pertama, ia memberikan penghargaan kepada Kabupaten atau Kota yang mampu meningkatkan cakupan kepemilikan akte kelahira. Lalu, bagi yang mampu menurunkan angka perkawinan anak.

Penghargaan juga diberikan kepada Kabupaten atau Kota yang berhasil dalan pencegahan dan penanganan pekerja anak, penenganan bencana. Kabupaten dan Kota uang memiliki kepedulian gerhadap yang berkebutuhan khusus juga diberikan penghargaan.

Sehari sebelumnya, pada kesempatan terpisah, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberi penghargaan Kota Layak Anak kepada Kabupaten Tangerang. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Susana Yembise, pada Perayaan Hari Anak Nasional di Kota Pekanbaru Riau, Sabtu (22/7/2017) lalu.

Yohana dalam sambutannya mengatakan, Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan memperkenalkan kebijakan Kota Layak Anak sebagai upaya pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara yang menjunjung tinggi hak-hak anak. Menteri Yohana Susana Yembise menambahkan ada 294 kota dan kabupaten di Indonesia yang menjalankan kebijakan ini sejak Program Kota Layak Anak mulai diperkenalkan tahun 2006 silam.

Prestasi tertinggi diraih Tahun 2017 ini dimana jumlah Kota dan Kabupaten Peraih Predikat Kota Layak Anak meningkat sebanyak 126 kabupaten atau kota. “Ciptakan lingkungan untuk anak yang nyaman, aman, serta memberikan kegemberikan perlindungan terhadap anak”

Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar menyampaikan perlindungan kepada anak merupakan kewajiban seluruh lapisan pemerintah dan masyarakat. Mulai dari perolehan Akta Kelahiran, Kesehatan dasar serta Kesejahteran pendidikan anak harus dijamin oleh pemerintah daerah. “Itulah Hak anak yang patut kita penuhi, sebagai penerus bangsa mereka berhak mendapatkannya hak-hak mereka, agar tingal dengan nyaman, aman, sehat dan selamat,” ujarnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *