Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Cegah Serangan Jantung dan Stroke, Rajinlah Makan Pisang

taufiqurokhman.com (Alabama) – Hasil riset terbaru menyebutkan bahwa makan pisang setiap hari bisa membantu mencegah serangan jantung dan stroke. Kandungan kalium yang tinggi membuat buah berkulit kuning ini bisa menghentikan penyumbatan fatal di jantung dan mencegah penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Dilansir dari laman The Independent, para peneliti di University of Alabama menemukan efek ini setelah menganalisa tikus percobaan yang berisiko mengalami penyakit jantung.

Eating BananaTikus tersebut kemudian diberi makan kalium dengan tingkat rendah, normal, atau tinggi, dan hasilnya menunjukkan bahwa pembuluh darah tikus yang diberi makan kalium rendah menjadi lebih keras secara signifikan. Sebaliknya, binatang yang diberi kalium tinggi mengalami pengerasan pembuluh darah lebih sedikit secara substansial dan berkurangnya kekakuan di aorta mereka.

Karena itu, mineral penting ini dianggap dapat membantu mencegah serangan jantung dan stroke pada manusia. Namun, mengonsumsinya terlalu banyak juga bisa menyebabkan sakit perut, mual, dan diare. Dr Mile Knapton, dari British Heart Foundation, mengakui penelitian baru ini yang menunjukkan kalau tidak makan kalium yang cukup bisa mengakibatkan pengerasan pembuluh darah. “Dengan penelitian lebih banyak lagi, kami bisa melihat jika bentuk penyakit ini pada manusia dengan cara yang sama dan bisa mengembangkan pengobatan,” ujarnya.

Setiap orang dianjurkan mengonsumsi 3.500 mg kalium setiap hari, seperempatnya bisa dipenuhi dengan mengonsumsi dua pisang. Makanan lain yang juga kaya mineral ini adalah kentang, brokoli, kecambah, biji-bijian, ikan, dan unggas.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *