Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Cegah Sebaran Corona, Sufmi Dasco Minta Pemerintah Pertimbangkan ‘Lockdown’

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad meminta pemerintah benar-benar mempertimbangkan dengan masak sebelum menetapkan lockdown untuk menanggulangi wabah corona.

Politikus Partai Gerindra itu mengatakan, jika dirasa perlu, pemerintah perlu mendengar pendapat para ahli sebagai bahan pertimbangan.

“Kami meminta kepada pemerintah melakukan evaluasi berkala, mengundang para ahli untuk mempertimbangkan secara matang pemberlakuan lockdown apabila diperlukan,” katanya Sufmi Dasco, di Jakarta, Senin (16/03/2020).

Menurutnya lockdown mesti dipertimbangkan mengingat wabah corona sudah menjadi bencana nasional dan untuk menghambat penyebaran virus tersebut. Apalagi sejumlah negara seperti Filipina sudah menetapkan lockdown untuk mencegah virus corona makin menyebar.

Ia memahami pemerintah sejauh ini belum menetapkan lockdown meski angkat positif corona sudah tembus 100 orang. Sebanyak 5 di antaranya meninggal.

“Sejauh ini, DPR RI melihat pemerintah sedang bekerja ekstra untuk menangani dan menghambat penyebaran virus ini. Dengan salah satunya, membuat Desk Corona/Gugus Tugas yang diketuai Kepala BNPB Doni Monardo dan menyusun Protokol Korona,” ujarnya.

Dasco juga mengapresiasi langkah Jokowi yang meminta masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Salah satu caranya adalah dengan memulai mengurangi aktivitas di luar rumah. Dia menilai langkah itu perlu dilakukan agar penanganan COVID-19 bisa lebih maksimal agar penyebaran dari virus itu bisa dihentikan atau setidak-tidaknya bisa dihambat.

“DPR RI meminta kepada semua komponen bangsa untuk meningkatkan kesadarannya untuk menaati imbauan dari pemerintah tersebut, saling mengingatkan, bekerja sama dan tolong-menolong agar penularan dari virus ini tidak meningkat dan penanganan COVID-19 bisa dilakukan dengan baik,” katanya.

Dia juga meminta kepada pemerintah untuk terus melakukan koordinasi dan komunikasi yang intensif dengan Badan Kesehatan Dunia atau WHO, dalam menangani penyebaran virus corona atau COVID-19.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *