Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Bupati Samosir Sebut, Rumah Adat Bisa Dimanfaatkan Jadi Homestay

taufiqurokhman.com (Samosir) – Bupati Kabupaten Samosir, Rapidin Simbolon, mendorong pemberdayaan rumah adat Batak yang ada di wilayah Samosir, Sumatera Utara (Sumut), menjadi penginapan bagi wisatawan dengan model homestay. Saat ini terdapat lebih seribu rumah adat Batak di wilayah Samosir, yang kondisinya masih baik dan layak untuk dimanfaatkan menjadi tempat penginapan. “Tinggal dirapikan dan dibuat bersih sehingga membuat nyaman wisatawan yang menginap,” kata Rapidin, di Pangururan, Senin lalu.

Menurutnya, pemanfaatan rumah adat menjadi tempat penginapan cukup unik dan menarik bagi wisatawan karena memberi sensasi kehidupan tradisi orang Batak. “Pada Natal dan Tahun Baru 2018, ada sejumlah wisatawan yang menginap di sejumlah rumah adat di Samosir. Mereka tidur di atas tikar pandan sebagaimana orang Batak zaman dahulu. Mereka tidak mengeluh, bahkan menikmatinya,” katanya.

Potensi rumah adat yang bisa dimanfaatkan menjadi homestay sangat besar. Saat ini diperkirakan lebih dari 1.300 rumah adat di wilayah Samosir, dan lebih dari 50 persen di antaranya tidak lagi dihuni karena berbagai alasan, di antaranya keluarga yang merantau atau sudah memiliki rumah yang lain. Rumah adat yang tak lagi dihuni atau ditinggali sangat potensial dimanfaatkan menjadi tempat penginapan.

Hampir seluruh rumah adat Batak yang ada saat ini berusia ratusan tahun, yang butuh sentuhan pelestarian. Dengan pemanfaatan menjadi homestay, kata Rapidin, akan memberi manfaat ganda, yakni ada pendapatan tambahan bagi pemilik serta pemilik akan merawat dan meestarikan rumah adat miliknya. “Jadi, manfaatnya ganda yakni menjadi sumber penghasilan dan untuk pelesatarian rumah adat sekaligus melestarikan budaya Batak,” kata Rapidin.

antara

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *