Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Bunga Rosella Mampu Turunkan Kadar Gula Darah

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) merupakan tanaman sejenis bunga sepatu yang dapat tumbuh subur terutama pada saat musim hujan. Tanaman rosella berasal dari Afrika dan Timur Tengah. Tanaman ini dikenal di Indonesia sejak tahun 1992. Dahulu rosella hanya dikenal sebagai tanaman hias yang tak dihiraukan. Tetapi sekarang dikenal sebagai tanaman yang berkhasiat.

Rosella kini menjadi begitu populer karena banyaknya para peneliti dari berbagai negara yang sudah mempublikasikan hasil penelitian tentang khasiat rosella bagi kesehatan tubuh manusia. Hal itu membuat banyaknya produk olahan dari tanaman rosella. Di antaranya yaitu teh, jeli, selai, es krim, serbat, pai, sirup, puding, dan lain-lain.

Rosella ternyata memberikan manfaat untuk penderita diabetes. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dewi Dianasari dan Fifteen Aprila Fajrin dalam jurnal Farmasi Sains dan Terapan, ekstrak air kelopak bunga rosella memiliki aktivitas sebagai antidiabetes dengan cara menurunkan kadar gula darah.

Rosella-flowers-250gr2Kelopak bunga rosella memiliki khasiat sebagai antidiabetes karena memiliki banyak kandungan bahan aktif, terutama kandungan antioksidan tinggi. Antioksidan dapat menghambat terjadinya radikal bebas atau kerusakan sel pada tubuh manusia. Apalagi salah satu penyebab penyakit diabetes merupakan radikal bebas, sehingga dengan meminum ekstrak air kelopak bunga dapat membantu melawan penyakit diabetes.

Kelopak bunga rosella selain mengandung antioksidan yang tinggi juga mengandung bahan aktif seperti flavonoid, vitamin C, fenol, asam sitrat, tanin, polisakarida dan antosianin. Kandungan antosianin dan polisakarida yang terdapat dalam kelopak bunga rosella juga dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Antosianin dapat menurunkan kadar gula darah dengan cara meningkatkan sensitivitas insulin serta dapat menstimulasi pelepasan insulin. Berbagai kandungan yang terdapat dalam kelopak bunga rosella menyebabkan air ekstrak kelopak bunga rosella sangat baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *