Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

BPJS Ketenagakerjaan Investasi Infrastruktur

taufiqurokhman.com (Jakarta) – BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) siapkan investasi langsung ke beberapa proyek selepas Lebaran tahun 2017 ini. BPJSTK menargetkan investasi ke beberapa jalan tol dan bandara. BPJSTK antara lain menyiapkan skema pembelian saham PT Jasa Marga (Persero) Tbk di proyek tolnya dan siap masuk mendukung pembangunan Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

Direktur Pengembangan Investasi BPJSTK Amran Nasution menjelaskan, proyek Bandara Kertajati merupakan proyek green field atau baru. Investasi ke proyek bandara ditargetkan dapat dilakukan dalam semester kedua tahun ini. Sementara untuk proyek tol, BPJSTK berencana masuk ke proyek jalan tol JORR Lingkar Barat yang termasuk kategori brown field atau pengembangan. ”Selepas Lebaran, kami masuk lewat skema PINA atau investasi non-APBN untuk tol Cikampek ruas W2. Rencananya akan ambil porsi saham Jasa Marga sebesar 10%. Memang tidak besar, tapi ada beberapa yang mau kami ambil. Kepemilikan Jasa Marga sebesar 65% dan mereka tidak mau kurang dari 55%. Untuk nilainya masih dikaji lagi berapa harganya,” ujar Amran, saat ditemui di Jakarta.

Amran melanjutkan, pihaknya juga siap masukan investasi dalam proyek tol Tangerang-Merak. Ruas tol ini dioperasikan melalui anak usaha Astra, yakni PT Marga Mandala Sakti. ”Rencananya untuk perbesar jalan tol yang dioperasikan Marga Mandala Sakti di Serang atau selepas Kebon Jeruk. Sekarang masih tahap negosiasi berapa investasi kita bisa masuk,” tuturnya.

Kemudian dia menjelaskan rencana untuk masuk di proyek jalan tol Jakarta-Cikampek II Elevated yang ditargetkan pada semester I/2018. ”Kami rencananya masuk sebesar 20%. Semua itu peserta yang punya proyek tersebut, bukannya menjadi aset badan. Karena, ini investasi langsung,” ujarnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *