Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

BMKG Temukan Bibit Badai Besar di Laut Arafura

taufiqurokhman.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menemukan bibit badai besar siklon tropis di sekitar Laut Arafura, Perairan Indonesia. Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi BMKG Yunus Swarinoto mengatakan, “Bibit siklon tropis diidentifikasi terbentuk di sekitar wilayah Laut Arafura (7.7S 132.3E) atau sekitar 233 kilometer dari Pulau Banda,” katanya, Senin (10/4/2017).

Menurut Yunus, bibit siklon diperkirakan akan meningkat intensitasnya dan berpeluang menjadi siklon tropis dalam waktu 48 jam ke depan di Laut Timor. Kondisi itu tentunya berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang. Bibit siklon tropis mengakibatkan terbentuknya pola konvergensi di sekitar wilayah Maluku Utara, Maluku, Maluku Tenggara, dan Papua Barat.

Dan potensi gelombang tinggi 1,5-2,5 meter dapat terjadi di wilayah perairan kepulauan Kai dan kepulauan Aru, perairan kepulauan Babar dan kepulauan Tanimbar, perairan kepulauan Damar dan kepulauan Leti, laut Banda, laut Arafura serta di laut Timor. “Masyarakat diimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti angin kencang, banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang dan jalan licin,” imbuhnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *