Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

BMKG Ajak Masyarakat Lihat Observasi Hilal

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1438 H, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Indonesia (BMKG) akan menyelenggarakan kegiatan ‘Observasi Hilal 1 Ramadan 1438 H’ di beberapa lokasi pengamatan. Kegiatan observasi hilal bertujuan untuk mensosialisasikan proses penyampaian informasi tanda waktu serta menjalin silaturahmi antara BMKG dan Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI).

Kegiatan ini rencananya akan dilakukan di kantor BMKG Pusat Kemayoran pukul 15.00-18.00 WIB dan beberapa daerah lainnya, Jumat (26/5/2017). Untuk melihat hilal, BMKG akan menggunakan Teleskop Vixen tipe ED 815 dengan perlengkapan pendukung Kamera DLSR Cannon tipe EOS 500D, Detector Prime Focus, Kompas Brunton, GPS Garmin 76cCSX, Baffle Tabung, serta program pemrosesan citra hilal berupa Astro Photography Tools (APT) V. 3.31, Adobe Photoshop CS6/ Photoscape, Splitcam, Manycam, dan Adobe Flash Media.

Hilal adalah Bulan Sabit muda pertama yang dapat dilihat setelah terjadinya konjungsi pada arah dekat matahari terbenam menjadi acuan permulaan bulan dalam kalender Islam. Hilal 1 Ramadan 1438 H menjadi penanda masuknya bulan suci Ramadan dalam kalender Islam. Menurut hasil hisab BMKG, konjungsi terjadi pada Jumat 26 Mei 2017 pada pukul 02.44 WIB.

Tinggi hilal pada tanggal tersebut dari wilayah timur Indonesia yaitu di Jayapura Papua 6,81 derajat, dan di wilayah barat indonesia yaitu di Tua Pejat Sumbar 8,36 derajat. Keberhasilan pengamatan hilal sebelumnya dilakukan pada awal Safar 1438 H (31 Oktober 2016) di Perakonda, Sumba Barat, dengan ketinggian hilal 6,46 derajat. Sehingga dengan cuaca yang cerah, hilal pada Jumat sore dapat teramati di seluruh wilayah Indonesia.

Selain bisa dilihat secara langsung, kegiatan observasi hilal juga akan dilakukan secara live streaming. Live streaming pengamatan direncanakan bisa diakses di http://media.bmkg.go.id/hilal dan http://hagi.or.id/hilal.

Post Author
admin123
Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *