Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Benarkah Mahalnya Harga Rokok Bisa Turunkan Angka Kemiskinan?

Taufiqurokhman.com – Wacana naiknya harga rokok hingga mencapai Rp50 ribu per bungkusnya diyakini bakal bisa menurunkan angka kemiskinan yang ada di Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Ketua Pengurus Harian YLKI dan Pengurus Komnas Pengendalian Tembakau Tulus Abdi seperti yang dikutip dari laman Antara.

Dalam pernyataannya, Tulus mengatakan bahwa harga rokok yang mahal bisa menurunkan tingkat konsumsi rokok di rumah tangga yang miskin.

“Ini yang sangat logis karena 70 persen konsumsi rokok justru bisa menjerat rumah tangga miskin,” kata Tulus.

Tulus meyakini dengan harga rokok yang mahal maka keterjangkauan warga miskin pada rokok akan mengalami penurunan. Dengan begitu, manfaat yang dihasilkan dengan mahalnya harga rokok, kata tulus adalah efek positif bagi kesejahteraan dan kesehatan mereka sehingga dana untuk membeli rokok langsung bisa digunakan untuk membeli bahan pangan.

Bukan cuma itu saja, kata Tulus, harga rokok yang mahal juga mempunyai dampak positif pada negara dengan meningkatnya pendapatan cukai sampai sekitar 100 persen dari sekarang.

“Harga rokok mahal selain berfungsi untuk memproteksi rumah tangga miskin, juga mengatrol pendapatan negara dari sisi cukai. Apalagi saat ini cukai dan harga rokok di Indonesia tergolong terendah di dunia,” tambahnya.

Dia mengatakan sudah seharusnya rokok dijual mahal, sebagai instrumen pembatasan dan pengendalian, seperti di negara maju di mana harga rokok lebih dari Rp100 ribu dan harga semahal itu pun tidak akan membuat pabrik rokok bangkrut atau para buruh dipecat.

“PHK buruh rokok karena pabrik melakukan mekanisasi, mengganti buruh dengan mesin,” pungkasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *