Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Batam Masih Jadi Pilihan Investor Asia dan Eropa

taufiqurokhman.com (Batam) – Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam masih menjadi tujuan investasi sejumlah negara kawasan Asia dan Eropa pada awal 2017. “Januari sampai Februari delapan proyek investasi baru masuk ke kawasan Batam senilai US$ 44,047 juta. Investasi itu masuk dari Malaysia, Tiongkok, Singapura, bahkan Inggris,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono di Batam, Sabtu (25/3/2017).

Batam1Menurut catatan BP Batam, Tiongkok sebanyak satu proyek) dengan nilai investasi US$ 4,218 juta mampu menyerap 85 tenaga kerja. Malaysia sebanyak tiga proyek senilai US$ 3 juta mampu menyerap 20 tenaga kerja lokal. Singapura satu proyek dengan nilai US$ 1 juta yang mampu menyerap 10 tenaga kerja. Sementara investor asal Inggris satu proyek bernilai US$ 1 juta mampu menyerap lima tenaga kerja. “Untuk yang gabungan negara ada dua proyek dengan nilai investasi US$ 34,829 juta mampu menyerap 216 tenaga kerja. Itu banyak negara, ada juga dari Asia,” jelasnya.

Investasi yang masuk tersebut, kata dia, tersebar pada sektor pertambangan, perdagangan dan reparasi, transportasi, gudang dan telekomunikasi, industri logam dasar, barang logam, mesin dan elektronik. “Banyak sektor yang diminati oleh investor pada awal tahun ini. Semoga kondisinya terus membaik sehingga investasi terus masuk,” kata dia.

Selama ini investasi dari Singapura, Jepang, Malaysia juga sudah mendominasi industri di Kota Batam. Meski demikian negara kawasan Eropa, dan Amerika juga banyak yang menanamkan modal di Batam. Sejak 2016, BP Batam juga terus mengembangkan berbagai sarana untuk mempermudah izin investasi.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *