Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Awet Muda dengan Bawang Merah

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Bawang merah sudah lumrah digunakan sebagai bumbu masak. Hampir semua masakan yang bercitarasa gurih menggunakan rempah-rempah ini sebagai salah satu bumbu andalannya. Bawang merah mengandung semua mineral dan vitamin yang dibutuhkan untuk tubuh manusia.

Hal ini bermanfaat untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang merah juga bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan serta meremajakan kulit. Sudah cukup banyak literatur yang membahas tentang khasiat bawang merah sebagai obat alami.

Tapi tahukah Anda bahwa, bawang merah ternyata juga bisa diolah menjadi produk kecantikan alami? Vitamin A yang terkandung dalam bawang merang berfungsi baik untuk kulit. Bawang merah juga mengandung vitamin E yang diketahui sangat baik dalam melindungi kesehatan kulit. Selain itu juga bida memerangi kerusakan akibat radikal bebas, meningkatkan resistensi terhadap paparan sinar matahari, mencegah dan mengurangi munculnya kerutan tanda penuaan.

Bawang adalah sumber vitamin A, C & E, yang kesemuanya itu sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan kulit. Kita bisa membuat masker wajah yang efektif dari bawang untuk mengatasi banyak masalah yang berhubungan dengan kulit, seperti kerutan, menghilangkan jerawat, pencerah kulit dan banyak lagi lainnya. Berikut kami sajikan rangkumannya untuk Anda.

1. Bawang Merah Untuk Mencegah Penuaan
Vitamin yang terkandung dalam bawang membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyebabkan kulit bebas keriput.

Bahan:
1 butir bawang merah berukuran kecil
Bola kapas
Air

Cara membuatnya
Iris bawang menjadi potongan kecil-kecil. Haluskan untuk membuatnya menjadi jus. Celupkan bola kapas dan oleskan jusnya ke seluruh wajah dan leher. Biarkan selama 15-20 menit lalu bersihkan dengan air biasa. Anda dapat mengulangi ini dua atau tiga kali dalam seminggu untuk melihat hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

2. Bawang Merah untuk Membuat Kulit Berkilau
Vitamin yang terkandung dalam bawang membantu dalam meremajakan kulit dan menjaga kulit kencang bercahaya. Selain itu, juga bisa mencegah kulit Anda terlihat kusam dan layu. Anda bisa mendapatkan kulit bersinar langsung tanpa repot dengan cukup hanya menggunakan obat rumahan ini.

Bahan:
1 butir bawang
1 gelas air

Cara membuatnya
Potong bawang menjadi irisan kecil-kecil dan lumatkan sampai menjadi pasta. Oleskan pasta ini di wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, cuci dengan air dingin. Anda bahkan dapat melihat perbedaannya dalam sekali penggunaan.

3. Bawang Untuk Mencerahkan Kulit
Masker wajah alami ini berkhasiat untuk memudarkan bintik-bintik gelap, menghilangkan noda dan mencerahkan kulit yang kusam. Dapat digunakan sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bahan:
1 butir bawang berukuran kecil
3 sendok makan yogurt

Cara membuatnya
Untuk membuat ini, Anda membutuhkan satu bawang yang benar-benar sudah matang. Kupas bawang dan potong kecil-kecil. Haluskan potongan-potongan dalam blender untuk menjadikannya pasta. Tambahkan 3 sendok teh yogurt ke dalam pasta dan aduk rata. Oleskan campuran tebal ini di wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, bilaslah dengan air hangat.

4. Bawang Untuk Mengobati Jerawat
Bawang merah juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat asalkan pengolahan dan penggunaanya tepat. Masker bawang ini bermanfaat untuk mengurangi bekas jerawat dan flek hitam. Gunakan dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Bahan:
1 bawang merah
1 sendok teh madu
1 sendok teh jus lemon

Cara membuatnya
Ambil 1 butir bawang dan potong kecil-kecil. Selanjutnya, hancurkan bawang sampai menjadi pasta. Tambahkan 1 sendok madu dan 1 sendok jus lemon ke dalamnya. Campur dan aduk-aduk hingga merata. Oleskan campuran ini ke seluruh wajah Anda atau pada area yang terkena dan biarkan selama 20 menit. Anda boleh mencucinya setelah 20 menit dengan air dingin.

5. Untuk Mengatasi Masalah Kulit Kering
Zat-zat yang terdapat dalam bawang merah juga berkhasiat untuk menghidrasi dan menjaga kelembaban kulit secara alami. Manfaatnya akan menjadikan kulit lebih lembut, lembab dan tampak sehat jika digunakan secara teratur.

Bahan:
½ bawang merah
1 sendok makan oatmeal (bubuk gandum)
1 sendok makan madu
1 sendok makan kuning telur

Cara membuatnya
Haluskan bawang. Campur oatmeal dan bawang untuk membuat bubuk. Campurkan sampai merata kemudian tambahkan 1 sendok kuning telur dan 1 sendok madu. Oleskan campuran ini di wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Bilas setelah 15 menit dengan air dingin dan keringkan. Ulangi ini dua kali seminggu untuk hasil yang lebih cepat dan lebih baik.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *