Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Asteroid Seukuran Stadion Sepakbola Melesat Menuju Orbit Bumi

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Badan Antariksa Amerika Serikat (AS), NASA terus memantau keberadaan asteroid seukuran stadion sepakbola yang sedang menuju orbit bumi. Asteroid tersebut bergerak dengan kecepatan delapan kilometer perdetik atau sekitar 17.900 mil perjam.

Dilansir Express.co.uk, Kamis (22/07/2021), asteroid yang disebut 2008 GO20, bisa mencapai lebar 220 meter dan secara signifikan lebih besar dari Kastil Edinburgh yang tingginya 135 meter.

Asteroid itu akan terbang melalui orbit Bumi pada hari Sabtu (24 Juli 2021) sekitar pukul 20.35. Asteroid ini akan terbang pada jarak kira-kira delapan kali jarak antara Bumi dan bulan. NASA mengatakan bahwa situasinya sedang dipantau secara ketat.

Sebelumnya pada bulan Juni, sebuah asteroid seukuran Menara Eiffel berlabel 2021 KT1 mendekati Bumi dengan jarak 4,5 juta kilometer. Itu diklasifikasikan sebagai “berpotensi berbahaya”.

Menurut NASA, ada lebih dari 26.000 asteroid dekat Bumi dan lebih dari 1.000 di antaranya dianggap berpotensi berbahaya. Asteroid dianggap dekat Bumi jika jaraknya kurang dari 1,3 kali jarak dari Bumi ke Matahari.

Asteroid pada dasarnya adalah fragmen dan puing-puing yang tersisa dari 4,6 miliar tahun yang lalu ketika Tata Surya terbentuk. Jalur orbit mereka kadang-kadang dipengaruhi oleh tarikan gravitasi dari planet-planet.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *