Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Apollo, Kucing Hibrida Besar Keturunan Singa dan Harimau

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Mendengar kata kucing besar saja bisa membuat kita takut, karena mereka adalah pemangsa yang mematikan. Sebut saja macan tutul, singa hingga harimau. Para kucing besar ini sangat lincah, efektif dan juga kuat untuk melumpuhkan mangsanya.

Bahkan hewan yang lebih besar ukurannya dari tubuh mereka, bisa juga menjadi mangsanya. Apalagi singa, yang berburu dengan kawanannya. Tapi pernahkah Anda mendengar kucing besar hibrida? Jika tidak, mereka ternyata ada. Bahkan ada manusia yang ‘menyatukan’ antara singa dan harimau, menjadi kucing paling besar di dunia.

Kucing besar hibrida ini disebut dengan liger. Bahkan ada satu dari mereka yang berbobor hingga 319 kilogram. Dan mereka dibiakkan di Amerika Serikat, dan telah dibandingkan dengan harimau bertaring tajam prasejarah.

Kucing berusia lima tahun ini bernama Apollo, merupakan keturunan hibrida dari singa jantan dan harimau betina. Dalam sebuah video terlihat, bagaimana Apollo berjalan-jalan di Pantai Myrtle, Carolina Selatan. Untuk melihat dalam perspektif seberapa besar kucing besar ini.

Beberapa telah membandingkannya dengan spesies terbesar dari harimau bertaring tajam prasejarah, yang beratnya mencapai 440 kilogram.

Liger berbeda dari Tigons – yang orangtuanya adalah singa betina dan harimau jantan – yang biasanya tumbuh lebih besar daripada spesies induknya.

Hibrida langka pertama kali muncul di India abad ke-19, dan hanya ditemukan di penangkaran. Hal ini karena singa dan harimau hidup terpisah di alam liar. Diperkirakan ada kurang dari 1.000 di dunia.

Bahkan di antara liger, Apollo termasuk yang terbesar. Dia dan tiga saudara lelakinya menjadi macan putih pertama di dunia, ketika mereka lahir pada bulan Desember 2013 dari singa jantan putih dan harimau betina putih.

Pada saat itu, Apollo adalah yang terkecil. Pemiliknya mengatakan, dia berperilaku lebih seperti anak kucing, mendengkur sepanjang waktu dan selalu menuntut untuk dibelai.

Menurut Guinness World Records, catatan untuk kucing hidup terbesar adalah milik Hercules, liger jantan dewasa yang juga tinggal di Myrtle Beach Safari di South Carolina, yang juga paman Apollo.

Berat Hercules lebih dari 450 kilogram. Konsumsi daging hariannya adalah sekitar 10 kilogram daging sapi atau ayam setiap hari.

Dalam video itu, Mike mengatakan, ‘Pertanyaannya adalah, apa yang akan dimakan makhluk ini? Saya percaya itu akan memakan semua yang terlihat, apa pun yang terlihat.

Apollo telah menarik kekaguman dari pengguna Instagram, dengan satu berkomentar: “Ini ‘raja singa dari dunia nyata’ dan lainnya menambahkan ‘Apa ini makhluk yang indah’.”

Namun yang lain kurang terkesan, Apollo berjalan dengan kehabisan napas. Meskipun hanya dengan berjalan kaki singkat di sekitar taman.

Liger adalah hewan yang luar biasa, tetapi masyarakat harus tahu bahwa dengan membiakkan hewan yang tidak akan berkembang biak secara normal mengarah pada sejumlah besar masalah.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *