Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Anies Akan Operasikan Becak Listrik

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerima prototipe becak listrik dari Hanafi Rais di Balai Kota, Minggu (11/03/2018). Meski demikian, Anies mengaku masih mempertimbangkan pengoperasian becak listrik di Jakarta, terlebih terkait masalah regulasi. “Belum tahu (bisa beroperasi di Jakarta atau tidak), nanti kita akan lihat detail regulasinya supaya tidak keliru,” kata Anies usai melihat detail prototipe becak berwarna biru itu.

Anies menjamin, jika memang nanti becak tersebut beroperasi, maka dipastikan hanya akan berada di wilayah-wilayah yang membutuhkan. Sebab menurutnya, kenyataan di lapangan becak masih dibutuhkan di beberapa kampung di Jakarta karena memiliki kelebihan fleksibilitas dan ramah lingkungan. “Akan beroperasi di tempat-tempat yang membutuhkan (becak listriknya). Kalau nanti ini bisa jalan, kalau aturan memungkinkan maka akan menyerap tenaga kerja, industri baru dan menggerakkan perekonomian,” ujar dia.

Meski demikian, Anies tetap menyambut baik dan mengapresiasi prototipe becak listrik dari Hanafi Rais yang diserahkan ke Pemprov DKI. “Saya menyampaikan terima kasih, bahwa Mas Hanafi membaca kenyataan yang ada di Jakarta,” katanya.

Anies mengatakan, becak listrik tersebut masih memiliki kesamaan dengan becak konvesional karena fleksibel, bebas polusi, bebas kebisingan. Hanya perbedaannya, kata dia, becak listrik menggunakan tenaga listrik dan hemat energi manusia. “Usulan solusi untuk menggunakan energi listrik ini memudahkan bagi mereka yang nantinya bekerja menawarkan jasa sebagai transportasi lingkungan,” ujar dia.

Anies menambahkan, di era sekarang kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi sedang diminati. “Hingga sekarang Jakarta sudah berubah dan seluruh dunia sekarang ada trend baru mengenai alat transportasi yang ramah lingkungan alat transportasi yang hemat energi,” ujar Anies.

Sementara itu, Hanafi Rais menjelaskan alasan untuk memperkenalkan becak listriknya kembali karena Pemprov DKI Jakarta pernah punya ide untuk becak. “Ya tentu aturannya masih kita tunggu, nah saya ingin menyambut peraturan tersebut dengan bentuk yang nyata yaitu menghadirkan becak listrik untuk Jakarta,” ujar Hanafi.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *