Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Anak Menjauhi Buku Karena Medsos

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan pengaruh media sosial menyebabkan menurunnya minat anak-anak dalam membaca buku. Padahal, kata Muhadjir, buku merupakan sumber autentik dari informasi maupun pengetahuan untuk anak-anak.

Kids with Gadget1Oleh sebab itu, Muhadjir menjelaskan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar Peringatan Hari Buku Nasional tahun 2017 di Halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5/2017). Pada acara tersebut Presiden mengundang 503 siswa Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Jokowi juga berdongeng cerita Lutung Kasarung dalam acara tersebut. “Pengaruh media sosial melalui media elektronik ini kan menyebabkan ada kesan anak-anak kita menjauh dari buku. Kita kembali (membaca) ke buku lah,” kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Muhadjir mengatakan Presiden telah menginstruksikan untuk mendistribusikan buku secara gratis setiap satu bulan sekali ke seluruh daerah pelosok di tanah air. Distribusi buku secara gratis akan dikirimkan setiap tanggal 17 melalui PT Pos Indonesia. “Sekarang ini Presiden instruksikan satu hari aja setiap bulannya itu ada hari gratis mengirim buku ke seluruh Indonesia. Tapi sementara masih satu yang bisa, PT Pos. Untuk ekspedisi lain akan menyusul. Dengan begitu akan meringankan beban,” katanya.

Muhadjir menjelaskan pihaknya telah menyiapkan 170 judul cerita nusantara yang akan diproduksi dan dibagi-bagikan ke seluruh Indonesia. “Sesuai instruksi Presiden, minimum untuk setiap satu titik ada sepuluh ribu buku yang akan diberikan,” tukasnya.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *