Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Akibat Jamur Mematikan, Keberadaan Pisang Terancam Punah

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Salah satu buah yang paling banyak dikonsumsi dan sangat populer adalah pisang. Tidak hanya rasanya enak tapi juga mengandung potasium, mengandung protein dan bahkan bisa membantu menurunkan tekanan darah. Namun, munculnya jamur mematikan bisa membuat kita kehilangan pisang. Penyebaran jamur tersebut bisa menyebabkan kepunahan pisang.

Selama beberapa dekade, pisang yang paling banyak diekspor di dunia adalah Gros Michel, namun pada tahun 1950 jamur yang dikenal sebagai penyakit Panama benar-benar menyapu bersih pisang jenis itu. Sebagai gantinya, petani pisang beralih ke jenis lain yang kebal terhadap penyakit ini, Cavendish, yang sekarang menyumbang 99 persen dari ekspor pisang.

Sekarang, buah yang sangat dicintai sekali lagi terancam. Kembali dengan nama yang berbeda, Tropical Race 4 (TR4), jamur telah kembali dan dikatakan lebih mematikan daripada yang meniadakan Gros Michel, karena juga mempengaruhi banyak jenis pisang lokal di seluruh dunia. “Ini disebabkan oleh jenis jamur yang sangat umum disebut Fusarium, yang mungkin sudah ada di tanah sana. Satu penjepit kotoran terkontaminasi sudah cukup untuk menyebarkannya seperti api, dan bisa diangkut dengan angin, mobil, air, menciptakan infeksi kemanapun ia pergi,” jelas Dan Koeppel, penulis buku Banana : The fate of the fruit that changed the world kepada CNN seperti dilansir sari laman Independent, Selasa (19/9/2017).

Patogen bekerja dengan menyerang tanaman dan menginfeksi akarnya, kemudian bergerak naik melalui xilem – jaringan yang mengangkut air dan nutrisi – menyebabkan penyumbatan. Tanaman kemudian layu dan mati. Sejak kedatangan kedua, strain baru telah menyebar ke Asia Tenggara, Australia dan Afrika, menunjukkan bahwa penyakit ini menyebar dan bisa menjadi ancaman bagi pisang di seluruh dunia. Lantas, apa yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan pisang?

Alasan penyebaran jamur ini karena praktik buruk dari 50 tahun yang lalu masih berlangsung, oleh karena para ahli menyarankan bahwa satu-satunya solusi nyata adalah membakar perkebunan dan memulai lagi dengan tanaman yang berbeda. Namun, di Afrika sebuah proyek darurat 12 bulan yang didanai oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) sudah berjalan untuk menangani TR4 dan ada harapan bahwa penyakit tersebut dapat terkandung di daerah di mana telah ditemukan.

dari berbagai sumber

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *