Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban Riau

taufiqurokhman.com – Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban terletak pada Desa Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. Air Terjun ini diberi nama Batang Koban karena jatuhnya air melalui tebing yang bertingkat tujuh dan mengalir ke aliran sungai kuantan. Ketinggian Air Terjun ini bervariasi untuk setiap tingkatnya.

Pesona alam yang ditawarkan pada sekitar objek wisata berupa air terjun ini, terasa sangat menyejukkan, dikarenakan banyaknya pepohonan hijau yang tumbuh di sekitarnya. Di samping itu, terdapat pula sekitar 204 jenis satwa burung yang hidup dan berkembang biak menjadi pelengkap keindahan alam disekitar objek wisata Air Tejun Tujuh Tingkat Batang Koban. Terdapat pula beberapa jenis burung langka yang saat ini juga terancam mengalami kepunahan, yakni Burung Cica Matahari, dan Burung Poksai Kuda (Garrulaz ruffirons). Nah, kita juga harus ikut melestarikan satwa langka tersebut.

Objek wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban juga menjadi salah satu objek wisata alam di Kabupaten Kuantan Singingi, yang banyak dikunjungi oleh wisatawan guna melakukan berbagai kegiatan berpetualang dialam bebas. Selain suasana alam yang sejuk dan menyegarkan, keunikan serta daya tarik lain dari objek wisata ini, adalah bentuk air terjun dengan ciri berupa tujuh tingkatan yang memiliki ketinggian berbeda-beda. Kondisi tersebut, juga menjadi alasan mengapa air yang mengalir dengan deras dari puncak-puncak tebing tersebut, dinamakan dengan Air Terjun Tujuh Tingkat.

Air Terjun Batang Koban 1Untuk dapat menikmati serta menyaksikan pesona dari masing-masing tingkatan pada objek wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, Anda harus berjalan menyusuri lintasan dibawah rindangnya pepohonan disekitar objek wisata tersebut. Kegiatan ini dapat dipastikan akan memberikan sensasi, serta keseruan berpetualang dialam terbuka. Pasalnya untuk dapat mencapai lokasi air terjun tingkat pertama, hingga tingkat ketujuh, tersaji berbagai rintangan alam dengan beberapa tantangan tersendiri, dan pastinya akan memberikan sebuah pengalaman yang begitu luar biasa.

Keindahan air terjun dapat dinikmati dari air terjun paling dasar hingga paling atas. Kanopi hutan yang masih rindang, menghalangi sengatan sang surya menerpa kulit. Untuk tingkat pertama, air terjun ini cukup memikat, dengan tinggi sekitar lima meter. Di mana aliran air terjun menuju bebatuan yang cukup besar dan langsung menuju Sungai Batang Kuantan. Air terjun kedua, dengan ketinggian sekitar 3 meter, memiliki arus yang cukup deras. Membentuk aliran semacam kolam di bagian bawahnya. Dengan bebatuan yang cukup terjal pada alirannya, tetapi cukup aman untuk sekedar melihat dari dekat dan mendokumentasikannya.

Beranjak ke air terjun ketiga. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 3 meter. Pahatan-pahatan alam membentuk ukiran alam nan indah di sekeliling tebing yang dilewati anak sungai. Sementara air terjun ke empat merupakan spot utama untuk para pelancong bisa merasakan segarnya air terjun yang masih alami ini. Air terjun di sini cukup dalam, namun terdapat tali yang dipasang menyilang dibawah air terjun untuk membantu para wisatawan yang berenang. Air Terjun kelima memiliki ketinggian sekitar 5 meter yang harus mendaki bukit yang cukup terjal.

Air Terjun keenam dan ketujuh memiliki ketinggian sekitar 30 meter yang terdapat berbatuan tinggi menjulang dengan ukiran alam bersatu padu yang membuat sebuah dimensi jatuhnya air terjun seakan-akan air terjun terjatuh dari langit. Medan yang cukup berat menuju lokasi ini benar-benar akan terbayar lunas ketika merasakan deburan air jatuh menerpa wajah kita. Disini kita juga bisa berenang untuk merasakan sensasi kesegaran air terjun ini.

Air Terjun 7 Tingkat ini biasanya ramai dikunjungi saat acara balimau yang digelar satu hari sebelum menjelang bulan ramadhan. Pesona yang paling indah serta begitu luar biasa dari objek wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, akan kita saksikan setelah dapat mencapai tingkatan yang terakhir, yakni tingkat ketujuh. Terlihat sebuah pelangi indah, ketika kita berdiri dan melihat pemandangan air terjun kearah bawah. Konon menurut penuturan warga setempat, pelangi ini juga disebut dengan pelangi abadi dikarenakan tidak pernah hilang dan dapat disaksikan kapan saja ketika kita berkunjung kesana. Pelangi indah yang terdapat dilokasi Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, akan selalu ada ketika matahari tengah bersinar dengan terik. Pasalnya pelangi tersebut, tercipta dikarenakan adanya hasil biasan cahaya matahari yang terbawa oleh partikel halus dari percikan air terjun yang tertiup oleh angin.

Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban, sejatinya berada sekitar 37 kilometer dari pusat kota Kabupaten Kuantan Singingi. Terdapat beberapa akses yang dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum yang tersedia dipusat kota tersebut. Dari Ibukota Provinsi Riau yakni Pekanbaru dapat ditempuh dengan waktu 3,5 jam perjalanan menuju Ibu Kota Kabupaten Kuantan Singingi, yakni Teluk Kuantan. Darisana perjalanan dilanjutkan menuju Lubuk Jambi sekitar 1 jam perjalanan. Sampai di pusat Kota Lubuk Jambi, setelah melewati Pasar Lubuk Jambi, tidak seberapa jauh maka akan terlihat plang penunjuk jalan lokasi wisata Batang Koban.

Selanjutnya kita akan menyusuri jalan menuju Desa Lubuk Ambacang. Di sepanjang perjalanan menuju lokasi ini tidak membosankan, karena di kiri dan kanan jalan terlihat pemandangan persawahan yang cukup epik serta terlihat aliran Sungai Batang Kuantan yang meliuk-liuk membelah lanskap. Setiba di Desa Lubuk Ambacang, segera menuju lokasi tempat perahu milik masyarakat bersandar, yang berada tidak jauh dari Pasar Desa Lubuk Ambacang. Transportasi menuju Air Terjun Batang Koban memang belum bisa melalui darat, dan harus menggunakan perahu. Anda bisa menyewa perahu masyarakat setempat. Untuk satu kali sewa perahu yang dapat memuat 15 orang dikenakan biaya 300 ribu rupiah. Sekitar 20 menit menggunakan perahu, maka sampailah dilokasi Air Terjun Batang Koban.

Tips jika anda ingin mengunjungi Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban, anda harus menyiapkan sepatu yang khusus untuk Outdoor karna dalam perjalan terdapat genangan air yang sangat licin. dan jangan lupa membawa bekal untuk makan anda disana, karna disana tidak ada penjual makanan dan minuman

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *