Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Ahli Paleontologi Rusia Temukan Fosil Monster Laut Purba

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Ahli paleontologi di Rusia telah menemukan sisa-sisa dari seekor mahluk laut baru yang hidup sekitar 130 juta tahun yang lalu bersamaan dengan stegosaurus dan diplodocus. Sementara Tyrannosaurus rex hidup 66 juta tahun yang lalu. Reptil laut yang sangat besar ini, merupakan jenis plesiosaur berleher pendek, memiliki satu set gigi besar dan rahang kuat yang membuatnya menjadi salah satu predator laut teratas pada masanya.

Makhluk yang diberi nama Luskhan Itilensis ini, secara harfiah berarti Master Spirit dari sungai Volga, yaitu sebuah referensi ke lokasi di mana tengkorak 5 kaki-nya digali pertama kali dari tepi Sungai Volga di dekat kota Ulyanovsk di Rusia 15 tahun yang lalu.

Monster purba ini diperkirakan memiliki panjang 21 kaki. Ia bukanlah yang terbesar dari plesiosaurus, sebab beberapa di antaranya ada yang tumbuh hingga 49 kaki, namun ciri fisiknya termasuk ciri khas aneh dari spesies lain, yang berarti bahwa penemuannya dapat berfungsi untuk menulis ulang buku Evolusi reptil laut pada umumnya.

Moncongnya yang panjang dan langsing pada khususnya membuatnya terlihat seperti lumba-lumba sungai daripada plesiosaurus. “Ini adalah fitur yang paling mencolok, karena ini menunjukkan bahwa plesiosaurus menjajah rentang relik ekologis yang jauh lebih luas daripada yang diperkirakan sebelumnya,” kata penulis utama studi Valentin Fischer.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *