Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

Agar Sehat, Anda Harus Buang Air Kecil 4-10 Kali/Hari

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Berapa kalikah Anda buang air kecil dalam sehari? Hati-hati, jangan abaikan fungsi tubuh, karena akan berpengaruh pada kesehatan Anda. Frekuensi urinasi Anda bergantung pada beberapa faktor usia, asupan cairan atau kondisi kesehatan lain seperti diabetes. Tapi, jika Anda buang air kecil cukup sering atau kurang dari biasanya, maka itu bukanlah sesuatu yang bisa Anda abaikan.

Frekuensi buang air kecil Anda bisa mengindikasikan kondisi  kesehatan Anda. Jadi, seberapa sering harus buang air kecil sehari? Dilansir dari laman Times of India, buang air kecil satu atau dua kali sehari bukanlah tanda sehat. Ini artinya Anda dehidrasi dan tubuh Anda membutuhkan air untuk menghilangkan racun dan membuangnya. Namun, meski sudah meningkatkan konsumsi air Anda, dan jumlah buang air besar tidak bertambah, Anda harus mengunjungi dokter karena itu bisa menjadi tanda penyakit ginjal.

Berapa kali jumlah ideal buang air kecil bergantung pada kapasitas kantung kemih Anda dan jumlah air yang Anda minum. Menurut para ahli kesehatan, dalam waktu 24 jam, buang air kecil antara 6-8 kali dianggap normal. Dan jika asupan cairan Anda sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda, maka buang air antara 4-10 kali sehari juga dianggap sehat.

Anda harus mengenali kebiasaan buang air rutin Anda. Jika Anda pikir buang air Anda tiba-tiba meningkat, maka Anda mengalami masalah frekuensi. Kondisi ini juga bisa mengacu pada kandung kemih yang terlalu aktif. Dalam kondisi ini, kandung kemih Anda mengalami kontraksi bahkan di saat ia tidak perlu melakukannya.

Ini bisa menjadi gejala bahwa kandung kemih Anda terlalu sensitif. Akibatnya, meningkatkan keinginan untuk buang kencing lebih sering. Jika frekuensi ini mengganggu keseharian, Anda harus mencari pertolongan medis. Seberapa banyak cairan yang bisa ditahan kandung kemih Anda bergantung pada usia. Orang yang lebih tua memiliki kapasitas lebih sedikit untuk menahan kandung kemihnya dibandingkan dengan orang yang lebih muda. Penyebab lainnya bisa juga bergantung pada seberapa tinggi Anda. Orang yang lebih pendek memiliki kandung kemih yang lebih kecil dibandingkan orang tinggi.

Bagaimana dengan buang air kecil di malam hari? Jika Anda tidak terbangun sama sekali selama 6-8 jam sesi tidur, ini cukup normal. Tapi jika buang air kecil yang sering mengganggu tidur Anda, Anda harus berkonsultasi dengan dokter. Namun, seiring bertambahnya usia, frekuensi buang air Anda juga meningkat.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *