Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

7 Hal Warisan Gen Orangtua

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ungkapan tersebut ternta tidak mengada-ada. Akan tetapi, bukan hanya kelakuan anak yang mirip dengan orangtuanya saja, tapi juga perkara keturunan genetikanya. Banyak sifat anak yang didapat dari warisan genetika orangtuanya.

1. Kecerdasan Akademik
Menurut penelitian, 55% kecerdasan akademik bergantung pada gen yang diwariskan orangtua. Berbicara tentang kecerdasan, banyak penelitian yang mengatakan, kromosom X-lah yang membawa gen kecerdasan. Karena wanita memiliki jumlah kromosom X lebih banyak dari laki-laki, maka penyaluran gen kecerdasan lebih kuat dari ibu ke anak daripada dari ayahnya.

2. Buta Warna
Ketidakmampuan seseorang untuk membedakan warna dikarenakan adanya faktor gen yang kurang bisa membedakan warna. Nah gen yang dimaksud adalah kromosom X. Selain perkara kecerdasan akademik, ternyata gen yang satu ini juga jadi penyebab kenapa banyak orang mengidap penyakit buta warna.

Photo of happy boy and his father tying neckties
Ilustrasi

3. Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 memang biasanya dialami oleh orang tua. Nah jika ada anak yang mengalaminya, bisa jadi hal itu dikarenakan faktor gen dari orangtua. Alel ( bagian dari gen) yang bernama TCF7L2 bisa menyebabkan resiko diabetes meningkat 1,5%!

4. Rabun Dekat
Selain karena kebiasaan dan lingkungan, genetik juga jadi salah satu faktor memngapa banyak orang yang mengidap miopi atau rabun dekat. Sejauh ini, para peneliti telah menemukan 40 gen yang berhubungan dengan rabun dekat. Jadi jika gen tersebut diturunkan dari orangtua ke anaknya, bisa dipastikan sang anak juga akan terkena rabun dekat.

5. Kebiasaan Ngopi
Gen yang bernama PDSS2-lah yang bertanggung jawab atas kecanduan kopi yang kamu miliki. Mereka yang memiliki gen PDSS2 nggak terlalu doyan kopi. Berbeda dengan mereka yang tidak punya gen tersebut. Mereka yang tanpa gen PDSS2 akan merasa butuh minum kopi setiap hari.

6. Kecekatan dan Kemampuan Menyetir
Kamu yang punya skill jelek dalam nyetir sepertinya bisa menyalahkan gen keturunan dari orangtuamu. Tingkat cekatan dan fokus dalam mengemudi sangat dipengaruhi oleh gen. Jadi nggak heran kan kalau biasanya, pembalap yang baik biasanya orangtuanya punya skill mengemudi yang keren pula. Nggak cuma perkara latihan dan contoh dari orangtua doang, tapi gennya juga berpengaruh!

7. Popularitas
Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of California, San Diego, dan Harvard University mengungkapkan bahwa faktor genetik sangat berpengaruh dalam hal kemampuan seseorang untuk berbaur dengan lingkungan. Bahkan mereka berani mengatakan bahwa 50% kepopuleran seseorang itu berasal dari gen-nya.

So, oleh sebab alasan-alasan tersebut di atas jangan lupakan jasa orangtua. Tanpa Anda sadari, banyak hal baik yang terjadi dalam diri Anda adalah warisan dari gen yang diturunkan oleh orangtua Anda.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *