Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

5 Langkah Efektif yang Bisa Dilakukan untuk Berhenti Merokok

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Ingin berhenti merokok? Ini adalah impian banyak perokok. Dalam pelaksanaannya, tak sedikit yang merasa kesulitan atau bahkan gagal dan jatuh ke lubang yang sama. Berhenti merokok bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan dengan mudah seperti membalikkan telapak tangan. Sebab rokok memang menjanjikan kesenangan dan ketenangan, yang sebenarnya semu. Jika Anda ingin terbebas dari itu semua, lakukan lima langkah berikut:

Pelan tapi Pasti
Berhenti merokok secara total memang sulit. Karena itu, Anda perlu menerapkan prinsip perlahan tapi pasti. Artinya, kurangi konsumsi rokok Anda secara perlahan, hingga akhirnya benar-benar berhenti. Misalnya: jika Anda merokok satu bungkus sehari, kurangi porsinya menjadi setengah bungkus. Tingkatkan terus porsi yang harus Anda kurangi hingga lama-lama tidak merokok lagi.

Stopping Smoking1Menyibukkan Diri
Menyibukkan diri dengan kegiatan positif akan menurunkan keinginan Anda untuk merokok. Beberapa kegiatan positif yang dimaksud adalah berolahraga, beribadah, atau melakukan hobi Anda. Dengan menyibukkan diri, Anda akan fokus pada apa yang harus dikerjakan. Pada akhirnya keinginan merokok akan semakin kecil atau bahkan tidak ada sama sekali.

Hindari Tempat-tempat Merokok
Sebisa mungkin hindari tempat-tempat yang membuat keinginan merokok Anda muncul. Sebaliknya, carilah tempat yang memiliki larangan merokok seperti, ruangan-ruangan indoor, perpustakaan, dan lainnya.

Minta Dukungan
Keluarga, teman, kerabat dan sahabat adalah orang-orang terdekat Anda. Selagi Anda berusaha berhenti merokok, mintalah dukungan dari mereka. Dengan demikian, Anda akan terbebas dari lingkungan yang diselimuti kebiasaan merokok.

Letakkan Sesuatu di Mulut
Merokok sering kali dilakukan karena kondisi mulut yang asam. Daripada menghisap benda berbahaya itu, lebih baik Anda mengunyah permen karet atau camilan lainnya. Bila kebiasaan ini rutin Anda lakukan, niscaya rokok hanya tinggal kenangan.

Tekad dan komitmen adalah hal utama yang harus dilakukan jika Anda ingin berhenti merokok. Jangan pernah melakukan ‘cheating day’, karena ini akan merusak semua usaha Anda. Jika setelah melakukan semua usaha di atas Anda masih tidak bisa berhenti merokok, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan klinik bebas rokok.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *