Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

5 Buah yang Bisa Kontrol Diabetes

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Penderita diabetes harus sangat berhati-hati dalam mengonsumsi makanan. Karena, ada beberapa makanan yang dapat menaikkan kadar gula darah mereka. Contohnya, makanan yang mengandung pemanis buatan yang bisa berbahaya bagi penderita diabetes. Ada mitos yang mengatakan bahwa, buah dapat berbahaya bagi penderita diabetes. Tapi faktanya, ada beberapa buah sehat yang bisa sangat baik untuk penderita diabetes.

Buah-buahan ini dapat mengendalikan diabetes dan memberikan nutrisi penting bagi tubuh. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan di bawah pengawasan dokter, buah-buahan ini dapat membantu mengendalikan diabetes atau kadar gula darah tinggi. Buah-buahan istimewa ini mengandung kadar gula rendah dan kaya protein serta vitamin.

Apel
Apel kaya akan pektin yang dapat mengurangi tingkat insulin yang tinggi. Mengonsumsi apel langsung atau dibuat jus, dapat memberikan serat yang membuat indeks glikemik Anda tetap rendah.

Pir
Pir juga kaya pektin yang baik untuk penderita diabetes. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, pir dapat mengontrol kadar gula darah tinggi.

Berries
Semua jenis buah beri, seperti raspberry, stroberi, blueberry dan blackberry, dapat membantu menurunkan indeks glikemik penderita diabetes.

Ceri
Buah ceri juga mengandung indeks glikemik rendah. Jika dikonsumsi dengan kulitnya, ceri kaya akan serat yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Jeruk
Selain menurunkan indeks glikemik, jeruk merupakan sumber yang kaya vitamin C. Dan yang paling penting, serat dalam jeruk dapat memodulasi gula darah dengan memperlambat penyerapan ke dalam aliran darah.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *