Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

3 Jenis Minuman Penurun Kolesterol

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Kadar kolesterol tubuh harus tetap dijaga keseimbangannya demi memiliki tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai jenis penyakit berbahaya. Namun, kadang kita sering cuek dengan pola makan sehari-hari kita. Seperti ketika hari raya Idul Adha tiba, biasanya kita jadi berlebihan dalam mengonsumsi daging. Akibatnya kolesterol bisa naik setelahnya. Salah satu solusi untuk menjaga kolesterol ketika sudah telanjur kebanyakan makan daging adalah dengan mengonsumsi minuman tertentu. Berikut tiga jenis minuman yang diyakini bisa membantu redakan kolesterol.

Teh Hijau
Green TeaTeh hijau diyakini bisa bantu menurunkan kadar kolesterol, khususnya kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu peminum teh hijau juga memiliki risiko lebih kecil terkena penyakit jantung dan kanker. Kandungan katekin dalam teh hijau juga berfungsi untuk menangkap radikal bebas sehingga sangat baik untuk dan bisa bantu menghambat perkembangan sel-sel kanker.

Jus Anggur
Grape JuiceMinuman segar yang satu ini juga diyakini bisa bantu turunkan kadar kolesterol. Jus anggur memiliki kandungan nutrisi yang bisa menurunkan kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol sehat tetap seimbang dalam darah. Untuk wanita, disarankan minum sekitar 177 – 470 cc jus anggur setiap harinya untuk mendapatkan manfaat terbaiknya. Tapi jus yang diminum jangan ditambah gula atau pemanis lainnya, ya. Di samping bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, jus anggur juga memiliki kandungan antioksidan dan serat yang baik untuk tubuh.

Yogurt
Yogurt-ImagesDisarankan untuk mengonsumsi yogurt dengan kandungan probiotik sebanyak 200 mg per hari. Bakteri Lactobacillus dalam yogurt bisa memengaruhi kadar kolesterol dengan memecah molekul garam empedu. Jadi kalau Anda telanjur kebanyakan mengkonsumsi daging, imbangi dengan minum yogurt yang cukup .

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *