Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

20 Perguruan Tinggi Terbaik Versi Kemenristek Dikti

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Sebagai lembaga yang bertanggung jawab untuk segala urusan perguruan tinggi di Indonesia, Kemenristek Dikti menerbitkan daftar peringkat perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Untuk menilai dan memposisikan perguruan tinggi tersebut, Kemenristek Dikti melakukannya berdasarkan empat kriteria. Di antaranya kualitas sumber daya manusia, kualitas manajemen dan organisasi, kualitas kegiatan kemahasiswaan, serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

Pemeringkatan dilakukan oleh tim independen yang dibentuk oleh Kemenristekdikti berdasarkan penilaian akademik dan non akademik. Pada tahun 2016, perguruan tinggi, baik negeri dan swasta yang masuk dalam pemeringkatan tersebut, total berjumlah 3244. Berikut adalah 20 Perguruan Tinggi terbaik versi Kemenristek Dikti.

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
Institut Teknologi Bandung atau ITB kembali memegang predikat sebagai kampus terbaik se-Indonesia. “ITB ini tahun lalu jadi kampus terbaik, sekarang kembali menjadi kampus terbaik,” ungkap Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohammad Nasir di Gedung BPPT, Jakarta. Perguruan tinggi yang didirikan sejak tahun 1920 di Bandung ini berhasil mempertahankan posisinya dengan skor 3,78.

2. Universitas Gajah Mada (UGM)
Universitas Gajah Mada (UGM) yang terletak di Yogyakarta merupakan universitas pertama yang didirikan oleh Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka. Sama seperti ITB. Kali ini UGM juga mendapatkan peringkat yang sama dari tahun sebelummnya. Yaitu stabil di posisi kedua dengan skor 3,72.

3. Universitas Indonesia (UI)
UN1Universitas Indonesia (UI) merupakan nsebuah perguruan tinggi di Indonesia yang kampus utamanya terletak di bagian Utara Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Universitas Indonesia tahun ini naik 1 peringkat dari tahun lalu, mendapatkan skor 3,69.

4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
Institut Pertanian Bogor (IPB) adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor. Sebelum diresmikan pada tahun 1963, IPB adalah sebuah fakultas pertanian di Universitas Indonesia. Pada 1 September 1963 Presiden Pertama Indonesia, Ir Soekarno, melakukan peletakkan batu pertama pembangunan kampus sekaligus menandai peresmian Insitut Pertanian Bogor sebagai sebuah perguruan tinggi mandiri. Perguruan tinggi kebanggaan warga Bogor ini turun 1 peringkat, berada di bawah Universitas Indonesia dengan skor 3,54.

5. Universitas Brawijaya (UB)
Universitas Brawijaya (biasa disingkat UNBRA, UNIBRAW atau singkatan resmi UB) merupakan lembaga pendidikan tinggi negeri di Indonesia yang berdiri pada tahun 1963 di Kota Malang melalui Ketetapan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 1 tanggal 5 Januari 1963, kemudian disahkan oleh Keputusan Presiden no. 196 tahun 1963 yang kemudian tanggal 5 Januari ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Brawijaya. Sama seperti Universitas Indonesia. Universitas Brawijaya juga naik 1 peringkat dengan skor 3,24.

6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)
ITSInstitut Teknologi Sepuluh Nopember (disingkat ITS) adalah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya. ITS awalnya didirikan oleh Yayasan Perguruan Tinggi Teknik (YPTT) yang diketuai oleh dr. Angka Nitisastro pada tanggal 10 November 1957. Kalau ada yang naik peringkat, pasti ada yang turun. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) turun satu peringkat di bawah Universitas Brawijaya dengan skor 3,17.

7. Universitas Airlangga (Unair)
Universitas Airlangga (disingkat UNAIR) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di Surabaya, Jawa Timur. Universitas ini didirikan tanggal 10 November 1954 bertepatan dengan hari pahlawan yang ke-9. Berdasarkan data 30 September 2015, terdapat 38.047 mahasiswa yang terdaftar di Unair. Di peringkat 7 terdapat Universitas Airlangga (Unair) dengan skor 3,15.

8. Universitas Hasanuddin (UNHAS)
Universitas Hasanuddin (UNHAS) merupakan perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 11 Juni 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya. Universitas Hasanuddin (UNHAS) tahun ini peringkatnya naik sangat signifikan. Sebelumnya tidak menyentuh peringkat 10 besar. Tapi kali ini bisa naik tiga peringkat dengan skor 3,06.

9. Universitas Diponegoro (UNDIP)
UNDIPUniversitas Diponegoro (UNDIP) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Undip didirikan pada tahun 1956 sebagai Perguruan Tinggi Swasta dan baru mendapat status sebagai Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 1961. Universitas Diponegoro naik satu peringkat dengan skor 3,04.

10. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
Pada 20 Oktober 2014, Universitas ini berubah status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dari Badan Layanan Umum (BLU). Peresmian itu ditandai dengan peraturan pemerintah (PP) yang ditandatangani mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Penetapan itu didasarkan atas evaluasi kinerja yang dilakukan tim independen yang dibentuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayan (Kemendikbud). Dan Universitas Padjadjaran berapa di peringkat terakhir. UNPAD turun tiga peringkat dengan skor 2,97.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *