Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

10 Masjid dengan Arsitektur Terindah di Dunia

taufiqurokhman.com (Jakarta) – Masjid merupakan tempat suci umat Islam. Di tempat inilah pemeluk agama Islam melakukan ibadah dan memanjatkan doa. Seiring perkembangan zaman, keberadaan masjid terus bertambah tidak hanya secara kuantitas, melainkan juga secara kualitas. Betapa tidak, di seluruh penjuru dunia banyak masjid yang menampilkan artsitektur yang menawan. Bahkan karena keunikannya, ada beberapa masjid yang telah dijadikan sebagai warisan dunia internasional oleh UNESCO. Berikut masjid-masjid di Indonesia dengan arsitektur paling indah di dunia.

1. Masjidil Haram – Makkah
masjidil-haramMasjid terbesar di dunia ini memiliki luas sekitar 359.00 meter persegi atau setara dengan 83 hektare (ha). Luas ini mencakup indoor dan outdoor, jika memasuki musim haji, masjid ini dapat menampung sedikitnya 4 juta orang. Masjidil Haram juga menjadi arah kiblat salat dari seluruh penjuru dunia.

2. Masjid Nabawi – Madinah
Keindahan masjid ini bukan hanya terletak pada desain arsitekturnya, tetapi juga kedalaman sejarah yang ada di masjid tersebut menjadi daya tarik lebih. Pasalnya, masjid tersebut sudah ada sejak kurang lebih sejak pertama kali Islam muncul pada 14 abad lalu, tepatnya pada 622. Selain itu, masjid yang memiliki 10 menara setinggi 105 meter itu mampu menampung sekira 1 juta orang.

3. Islamic Cultural Center – Albania
Masjid yang tergolong baru tersebut terletak di Ibu Kota negara Albania yaitu Tirana. Pembangunan masjid tercantik di dunia ini diarsiteki oleh Bjarke Ingels Group yang bekerja sama dengan Direktorat Urusan Agama Turki. Masjid ini diresmikan pembangunannya pada 13 Mei 2015 oleh Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Albania, Bujar Nishani. Desain masjid ini dibuat unik dan artistik modern. Selain itu, masjid ini juga dilengkapi dengan museum mulitiagama yang megah. Konon, pembangunan masjid ini menelan biaya sebesar 30 juta euro. Masjid unik ini mampu menampung  4.500 jamaah di atas lahan seluas 20.000 meter persegi.

4. Masjid Sultan Omar Ali Saefuddin – Brunei Darussalam
Sultan-Omar-Ali-Saifuddin-Mosque_1Masjid di Brunei Darussalam ini dirancang oleh arsitek kebangsaan Italia, Cavaliere Rudolfo Nolli. Keunikannya terletak pada kubah masjid yang dilapisi oleh emas murni. Masjid setinggi 52 meter lebih ini mengambil nama Sultan ke-28 Brunei untuk dijadikan nama masjid tersebut. Kemegahannya tampak karena dibangun di atas kolam buatan di tepi sungai Brunei, Kampong Ayer.

5. Masjid Camlica, Istanbul
camlica_newsdetailMasjid Camlica merupakan salah satu masjid yang terbesar di Istanbul, Turki. Masjid ini menjadi bagian dari masjid tercantik di dunia. Desainnya yang unik dan futuristis menjadikan masjid ini terkenal ke seluruh dunia. Masjid raksasa ini dibangun di Bukit Camlica yang memiliki ketinggian mencapai 934 meter di atas permukaan laut. Desain unik masjid ini dirancang oleh dua arsitek perempuan bernama Bahar Mzark dan Hayriye Gul Totu. Masjid ini menyediakan lahan parkir yang mampu menampng hingga 3.500 kendaraan. Bukan hanya itu, di sekitar masjid ini juga akan dibangun beberapa madrasah.

6. Masjid Qolsharif – Rusia
Masjid ini merupakan salah satu yang termegah dan terindah di Rusia dan Eropa bersama masjid di Istanbul. Masjid yang diresmikan pada 24 Juli 2005 ini dirancang oleh arsitek Rusia I Sayfullin dan S Shakurof. Nama Qolsharif sendiri merupakan nama seorang ulama sekaligus pemimpin terkemuka di Kazan. Disebutkan dalam literatur-literatur sejarah bahwa Qolsharif bersama murid-muridnya meninggal dunia ketika berusaha mempertahankan Kazan dari pendudukan Rusia pada 1552.

7. Masjid Al-Aqsa, Palestina
Al AqsaMasjid yang berada di kota tua Yerussalem ini merupakan tempat yang dianggap tempat suci ketiga oleh umat Islam. Masjid ini memiliki satu kubah dan empat menara dengan ukuran bangunan 56 meter dan panjang 83 meter. Kapasitasnya dapat menampung 5.000 orang di dalam, dan 400.000 orang di halaman atau luar masjid.

8. Masjid Al-Irsyad – Indonesia
Al-IrsyadMasjid Al-Irsyad ini terletak di Kota Baru Parahiyangan, Padalarang, Bandung, Indonesia. Masjid ini dibangun dalam satu tahun pengerjaannya. Bentuk masjid ini sangat unik, sekilas hanya sebuah kubus besar seperti bangunan Kakbah di Makkah, Arab Saudi. Masjid Al-Irsyad ini termasuk ke masjid tercantik di dunia dengan desain yang unik. Masjid ini diresmikan pada 17 Ramadan 1431 Hijriah, tepatnya pada 27 Agustus 2010. Bangunannya yang unik, kukuh, dan megah. Tak lama setelah selesai dibangun, masjid unik ini langsung mendapatkan penghargaan bergengsi tingkat dunia.

9. Masjid Rahmatan Lil Alamin, Al- Zaytun – Indramayu
Al Zaytun IndramayuMasjid yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat ini merupakan masjid termegah di Indonesia. Masjid ini memiliki arti rahmat bagi semesta alam, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad SAW. Masjid Rahmatan Lil-Alamin dibangun oleh Universitas Al-Zaytun di atas lahan seluas 6 hektare (ha). Tingginya 6 lantai dan diklaim mampu mengakomodasi hingga 100.000 orang.

10. Masjid Hassan II – Maroko
Masjid terbesar dan terindah tidak hanya berada di kawasan Timur Tengah dan Asia, namun di Afrika juga ada sebuah masjid besar dan indah. Masjid ini dinamakan dengan masjid Hassan II. Masjid yang terletak di wilayah Casablanca ini adalah masjid terbesar di negara Maroko dan terbesar ketujuh di dunia. Masjid ini sendiri selesai dibangun oleh Bouygues pada 1993 dengan perancang bernama Michel Pinseau. Masjid ini sangat menarik, karena selain memiliki menara masjid tertinggi di dunia yaitu 210 meter (689 kaki), masjid ini memiliki pemandangan luar ke Samudera Atlantik yang sangat indah.

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *