Subscribe to newsletter

Subscribe to the newsletter and you will know about latest events and activities. Podpisyvayse and you will not regret.

1 Miliar untuk Danai Penelitian Internal Unismuh

taufiqurokhman.com (Makassar) – Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan, menyiapkan anggaran sebesar Rp1 miliar untuk mendanai penelitian internal para dosen sebagai bagian dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) Unismuh Makassar Dr Ir Abubakar Idham di Makassar Rabu (19/4/2017) mengatakan beberapa kegiatan yang dibiayai pihak universitas itu antara lain penelitian unggulan perguruan tinggi, penelitin dosen pemula, dan pengabdian pada masyarakat. “Unismuh tidak tanggung-tanggung dalam mendorong dosennya untuk kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat tahun ini dengan menyiapkan anggaran yang meningkat dari tahun sebelumnya,” katanya.

Kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat, tambah dia, terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya hanya sebesar Rp750 ribu yang membiayai sebanyak 96 judul dan tahun ini dengan dana sekitar Rp1 miliar untuk membiayai sekitar 200 judul lebih. Pihak kampus, kata dia, tidak hanya di bidang pengajaran, tetapi juga untuk kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat yang terus digenjot.

Dosen Fakultas Pertanian Unismuh itu menjelaskan saat ini sudah ada 120 proposal judul penelitian dosen pemula, dan proposal kegiatan pengabdian pada masyarakat sekitar 110 judul. “Sekarang sedang jalan sebanyak 32 judul dan lainnya masih dalam tahap evaluasi proposal yang dilakukan oleh tim internal Unismuh,” ujar Abubakar.

Hanya saja, kata dia, kalau melihat jumlah dosen Unismuh yang mencapai 620 orang, yang melakukan penelitian baru sekitar 400 orang, sehingga berarti masih ada dua ratusan lebih dosen yang belum bergerak melakukan penelitian. “Pihak universitas tidak henti-hentinya memberikan motivasi kepada dosen agar seiring dengan tugas mengajar, juga dapat melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” ujarnya.
ant

Dr. Taufiqurokhman, M.Si adalah seorang mantan DPRD Banten yang saat ini bekerja sebagai dosen di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama).

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *